Sabtu, 27 Juli 2019

Sejarah Dan Keutamaan Surat Yasin

Sejarah & Keutamaan Surat Yasin - Surat Yaasiin yang terdiri dari 83 ayat, di golongkan dalam surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat Jin. Di namakan Yaasiin karena dimulai dengan huruf Yaasiin. Sebagaimana halnya arti huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan beberapa surat Al Quran, maka demikian pula arti Yaasiin yang terdapat pada ayat permulaan surat ini, yaitu Allah mengisyaratkan bahwa sesudah huruf tersebut akan dikemukakan hal-hal yang penting antara lain: Allah bersumpah dengan Al Quran bahwa Muhammad s.a.w. benar-benar seorang rasul yang diutus-Nya kepada kaum yang belum pernah diutus kepada mereka rasul-rasul.



Pokok-pokok isinya:


1. Keimanan:

Bukti-bukti adanya hari berbangkit; Al Quran bukanlah syair; ilmu, kekuasaan dan rahmat Allah; syurga dan sifat-sifat-Nya yang disediakan bagi orang-orang mukmin; mensucikan Allah dari sifat-sifat yang tidak layak bagi-Nya; anggota badan manusia menjadi saksi pada hari kiamat atas segala perbuatannya di dunia.


2. Kisah:

Kisah utusan-utusan Nabi Isa a.s dengan penduduk Anthakiyah.


3. Dan lain-lain:

Tidak ada faedah peringatan bagi orang-orang musyrik; Allah menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan; semua bintang- bintang di cakrawala berjalan pada garis edar yang telah ditetapkan Allah; ajal dan hari kiamat datangnya secara tiba- tiba; Allah menghibur hati Rasulullah s.a.w. terhadap sikap kaum musyrikin yang menyakitkan hatinya.


Sabda Rasulullah s.a.w, “Apabila datang ajal orang yang suka membaca surat Yassin pada setiap hari, turunlah beberapa malaikat berbaris bersama Malaikat maut. Mereka berdoa dan meminta dosanya diampunkan Allah, menyaksikan ketika mayatnya dimandikan dan turut menyembahyangkan jenazahnya”.


Malaikat Maut tidak mau memaksa mencabut nyawa orang yang suka membaca Yassin sehingga datang Malaikat Ridwan dari syurga membawa minuman untuknya. Ketika dia meminumnya alangkah nikmat perasaannya dan dimasukkan ke dalam kubur dengan rasa bahagia dan tidak merasa sakit ketika nyawanya diambil.


Rasulullah s.a.w bersabda selanjutnya: “Barang siapa sembahyang sunat dua rakaat pada malam Jumaat, dibaca pada rakaat pertama surat Yassin dan rakaat kedua Tabaroka, Allah jadikan setiap huruf cahaya dihadapannya pada hari kemudian dan dia akan menerima suratan amalannya ditangan kanan dan diberi kesempatan membela 70 orang daripada ahli rumahnya tetapi sesiapa yang meragui keterangan ini, dia adalah orang-orang yang munafik


.Fadhilah atau Keutamaan dan Khasiat Surat Yasin

Surat Yasin merupakan jantung Al Qur’an sehingga mempunyai fadhilah dan khasiat yang banyak sekali bagi pembacanya, antara lain :

    Jika dibacakan pada orang yang sedang sekarat akan mati, dapat mempermudah dan mempercepat keluarnya ruh.
    Dengan membaca surat Yasin Allah menetapkan pahala seperti membaca Al Qur’an 10 kali.
    Dapat memberi syafaat bagi pembacanya , memberi ampunan pendengarnya, mendapatkan kebaikan di dunia, hilang ketakutan di hari kiamat, menolak kejahatan dan didatangkan segala hajatnya.
    Dapat meringankan siksa kubur.
    Jika di baca pada malam Jum’at maka mendapatkan ampunan.
    Dengan membaca surat Yasin dapat memperoleh kemudahan.
    Jika surat Yasin dibaca di tengah malam sebanyak 4 kali atau 35 kali secara rutin, maka khasiatnya dapat memperluas rezeki dan memperlancar datangnya rezeki. Begitu juga jika dibaca 41 kali, maka hajatnya dikabulkan oleh Allah.

 Diriwayatkan dari Anas R.A. ”Sesungguhnya setiap sesuatu memiliki hati.“ Dan hati Al-qur’an di surat yasin.


Barang siapa yang membacanya, Allah akan menulis baginya pahala seperti membaca al-qur’an 10 (sepuluh) kali


1. Jika dibaca pada waktu pagi, maka memperoleh kegembiraan sampai sore, dan jika dibaca disore hari maka dapat gembira sampai pagi.


2. Jika anda ada maksud kepada pembesar supaya berhasil, maka bacalah surah yaasiin dari rumah sebanyak 25 kali, maka insya Allah berhasil.


3. Khasiatnya lagi adalah dapat dipergunakan sebagai obat sakit panas, caranya dibaca sekali, setiap sampai pada lafadz “MUBIIN” dengan mengikat benang sekali sampai tujuh, kemudian diikatkan pada bahu kanannya orang yang sakit panas, maka Insya Allah akan sehat kembali.


4. Jika dibacakan untuk orang yang akan meninggal dunia, maka tidak akan dicabut nyawanya selagi ia belum didatangi malaikat Ridwan dengan maksud memberi kegembiraan kepada orang yang akan meninggal tersebut.


5. Menurut sabda Nabi Muhammad saw, siapa membaca surah Yaasiin satu kali, sama dengan membaca Alqur’an sampai khatam (selesai) sepuluh kali, siapa membiasakan membaca surah Yaasiin setiap malam sampai mati, maka termasuk mati syahid.


6. Jika dibacakan pada mayat di dalam kubur maka diringankan siksanya, jika ditulis dan dilebur air, lalu diminum, sama dengan meminum seribu obat.

Dalam satu hadist yang lain Nabi SAW bersabda:

“Hendaklah kamu membaca surah Yaasiin kepada orang sakit parah yang sedang menghadapi sakaratul maut, niscaya Allah SWT akan meringankan sakitnya sakaratul-maut

itu.” Dalam satu hadist yang lain pula Nabi SAW bersabda: “Aku ingin benar, agar surah Yasiin ini dibaca oleh semua umatku.”


* Mohon Koreksi Bila ada Kesalahan

Trima Kasih




0 komentar: